Baru masuk, pelatih anyar Barcelona yang bukan didatangkan dari Tegal, Ernesto Valverde, sudah punya masalah. Masalahnya memang tidak serius-serius amat seperti misalnya berantem sama kakak ipar atau kebanyakan utang kreditan. Tapi justru kebanyakan pemain di lini tengah.

Ya, lini tengah Barca memang terlihat gemuk meski tak segemuk Pretty Asmara. Setidaknya ada 11 pemain yang rebutan di posisi tengah tersebut. Mantap jiwa, ke-11 gelandang Barca bahkan bisa bikin satu tim sendiri.

Bayangkan, jika Valverde memainkan tiga gelandang saja, lalu ditambah dua cadangan, artinya ada enam pemain yang tak terpakai serta bakal ada yang jadi anak bawang. Kecuali kalau Valverde memainkan delapan gelandang sekaligus. Tapi tentu akan cuma bisa pakai satu kiper, satu bek, dan satu striker.

Adapun ke-11 pemain itu antara lain Sergio Busquets, Javier Mascherano, Andres Iniesta, Ivan Rakitic, Denis Suarez, Andre Gomes, Rafinha, Arda Turan, Sergi Roberto, Sergi Samper, termasuk pemain Barcelona B, Carles Alena.

Memang, ada beberapa pemain yang dialih-fungsikan menjadi bek seperti Mascherano dan Sergi Roberto. Tapi tetap saja, posisi asli mereka adalah seorang gelandang.

Masalah akan bertambah jika Barca membeli gelandang lagi. Yang sedang hangat di pasaran adalah Marco Veratti. Praktis, “Blaugrana” harus membuang setidaknya tiga gelandang jika lini tengah mereka mau sehat dan alami.

Maklum, segala sesuatu yang terlalu berlebihan juga tidak baik. Contoh saja, kalau kebanyakan makan bisa sakit perut kekenyangan.

Sampai saat ini belum ketahuan apa rencana mantan pelatih Athletic Bilbao itu untuk memecahkan masalah ini. Kalau dibiarkan, kasihan pemain-pemainnya. Nanti cuma makan gaji buta mereka bisa tidak berkembang kariernya.

Belakangan, beredar kabar Barca akan melego sejumlah gelandangnya seperti Rafinha. Pemain kelahiran Brasil itu diminati Juventus dan Valencia.

Yang pasti, Valverde sepertinya tetap mempertahankan gaya permainan suksesornya terdahulu.  “Gaya Barcelona mengikuti gelandang serang mereka dan saya harus melanjutkannya, tentunya dengan sentuhan pribadi saya,” kata pria yang kalau tidur matanya terpejam itu.

Main photo: AS English

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here