Satu lagi pemain sepak bola yang telah pensiun, kembali bergelut di dunia olahraga terpopuler sejagad raya dan jagad dunia maya. Eric Abidal setuju untuk kembali bekerja di Barcelona.

Bedanya dia kini tak lagi jadi tukang menahan serangan lawan. Setelah Robert Fernandez tidak memperpanjang kontraknya sebagai Direktur Olahraga, Barcelona menunjuk Abidal untuk menggantikan posisinya.

Dengan menduduki jabatan Direktur Olahraga, Abidal akan terlibat langsung dengan pelatih Ernesto Valverde. Abidal akan mengurusi soal perekrutan pemain sesuai dengan tugasnya. Sedangkan untuk urusan menggunting rumput lapangan bukan jadi urusan pemain asal Prancis itu.

Pemain yang sewaktu kecil tubuhnya tidak setinggi sekarang itu akan mengurus perpanjangan kontrak Lionel Messi dan kawan-kawannya serta mengorbitkan para talenta La Masia. Ia akan bekerja bersama manajer umum Pep Segura nantinya.

Seperti yang diketahui La Masia adalah akademi tempat “Blaugrana” untuk membina pemain. Bukan membina penyanyi dangdut. Kalau itu namana Dangdut Akademi. Beberapa bintang Barcelona masa kini adalah jebolan dari akademi tersebut. Sebut saja Messi, Xavi, Iniesta, dan Gerard Pique.

Belakangan, Barca memang mulai kehilangan talenta-talenta muda. Sudah tak ada lagi Messi-Messi baru. Ada sih ada, tapi kualitasnya tak sebaik Messi dan kawan-kawan. Mungkin karena kebanyakan main Tiktok.

https://twitter.com/FCBsports_/status/1004987441529401345

“Barcelona mengumumkan Robert Fernandez tidak akan memperpanjang kontraknya sebagai Direktur Olahraga. Eric Abidal lantas akan mengambil alih jabatan tersebut. Proses peresmian Abidal akan diselenggarakan pada 18 Juli 2018,” tulis Barcelona melalui situs resminya dikutip dari Liputan6.

Penunjukan Abidal sendiri tak lepas dari tekanan Lionel Messi kepada Barcelona. Pemain Argentina itu meminta klub untuk mengawal tim di dalam dan luar lapangan setelah kemenangan ketiga Real Madrid di Liga Champions.

Abidal bukanlah sosok asing bagi Barcelona sendiri. Pemain berusia 68 tahun dikurang 30 itu merupakan salah satu andalan di lini pertahanan Barcelona. Antara tahun 2007 hingga 2013, Abidal menjadi pemain kunci barcelona di posisi bek kiri.  Ia sempat menjalani proses transplantasi hati pada 2012 sebelum akhirnya bisa sembuh dari sakitnya tersebut.

Sepanjang kariernya bersama tim asal Catalan, Abidal telah mencatatkan 193 penampilan di berbagai kompetisi. Pria berwajah ganteng fluktuatif itu sudah cukup akrab dengan suasana di Barca. Dia mungkin tahu tempat pijat di sekitar Camp Nou.

Abidal yang yang berposisi bek kiri dan senang bermain di pinggir macam udang turut ikut serta dalam masa awal kebangkitan Barcelona. Mantan penggawa Olympique Lyon mempersembahkan empat gelar La Liga, dua Liga Champions, dan dua Piala Dunia Antarklub.

https://twitter.com/BarcaTimesMedia/status/1004771217293733889

 

Main photo: my.as.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here