Baju baru alhamdulillah. Sayangnya tak dipakai di hari raya. Baju baru Italia yang bergaya renaisans ternyata membawa berkah. Dipakai di babak kualifikasi, tim asuhan Roberto Mancini itu menang 2-0 atas Yunani dan memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2020.

Pencapaian ini adalah yang tercepat bagi sejarah Italia dalam mengarungi babak kualifikasi dengan masih menyisakan tiga pertandingan. Mereka menyapu bersih tujuh pertandingan dengan kemenangan 100 persen. Mencetak 20 gol dan hanya kebobolan tiga gol saja.

Jarang-jarang ini Italia bisa mencatatkan performa sebagus ini. Biasanya mereka terseok-seok. Tahu gitu Mancini disuruh jadi pelatih timnas saja sejak dulu kala. Setidaknya masih bisa bawa mereka lolos ke Piala Dunia 2018 kemarin.

Timnas Italia memang meluncurkan baju baru beberapa hari lalu. Biasanya warna biru, tapi kali ini pakai warna hijau ala-ala renaisans sebagai simbol pencerahan atau pembaruan.

Setelah Italia masuk dalam fase abad kegelapan karena tak lolos ke Piala Dunia kemarin, kini mereka mau bangkit kembali. Apalagi rata-rata skuat dihuni anak-anak muda, biar mereka ingat kembali sejarah Italia.

https://twitter.com/goal/status/1183107245837574149

Gli Azzurri” yang malam itu tidak berjuluk “Azzurri” membuka keunggulan lewat gol penalti Jorginho. Dengan gaya khasnya yang kocak, Jorginho membobol gawang Yunani yang dijaga seorang kiper berwujud manusia.

Italia kemudian menggandakan keunggulan lewat Federico Bernardeschi memasuki paruh terakhir babak kedua. Pemain berambut pirang macam mentega cair itu melepaskan tendangan dari jauh banget tapi masuk.

Tendangannya mendatar saja, memantul-mantul ke tanah. Rada kurang mantap gitu rasanya, tapi bisa masuk. Jauh lebih bagus begitu, daripada tendangan kencang tapi ngawur ke mana-mana mengganggu penerbangan domestik.

“Para pemain melakukan pekerjaannya dengan baik. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada suporter. Mereka datang mendukung kami, sampai membuat tegang. Mungkin kami gugup dengan kembali ke Roma ini,” kata Mancini dikutip TopSkor.

Main photo: @azzurri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here