Bukan cuma usaha-usaha resto dan retail saja yang terdampak karena pandemi. Klub sebesar Barcelona juga kena dampak lumayan gede. Bahkan, klub asal Spanyol yang jauh banget dari Merauke itu bakal potong gaji pemain sampai 70%. Wow.

Kondisi keuangan Barca memang dalam kondisi yang kurang bagus sejak tahun lalu. Laporan tahunan mereka mengalami kerugian dalam jumlah besar. Apalagi sekarang diterpa lagi oleh pandemi.

Alhasil, “Blaugrana” mesti segera mengambil tindakan. Yang termudah adalah pangkas gaji pegawai. Memang tidak akan sampai mem-PHK macam Ramayana, tapi jelas gaji dipotong juga bikin pusing pemain.

Apalagi buat yang lagi punya beban cicilan KPR atau mobil. Meski gajinya miliaran, ya pasti bakal kesal juga kalau dipotong begitu karena gaya hidup dan cicilannya juga pasti segede-gede gaban. Raffi Ahmad saja mobil masih ngutang semua.

Kini, manajemen Barcelona bersiap untuk mengambil kebijakan baru. Para pegawai dan pemain diminta untuk mengirim perwakilan guna melakukan negosiasi pemotongan gaji. Klub ingin mengurangi beban keuangan.

Dikutip dari Sportbible yang dikutip lagi dari Bola.com, dalam waktu dekat, Barcelona siap melakukan pemotongan gaji pemain. Jumlahnya pun tidak bisa disebut kecil. Barcelona bakal memotong gaji hingga 70 persen.

Sebenarnya, Barcelona sudah membuat kebijakan pemotongan gaji pada musim 2019/2020 lalu. Saat itu Lionel Messi yang memimpin para pemain untuk rela memotong gajinya demi menyelamatkan klub.

Namun, situasi yang terjadi saat ini berbeda. Messi rupanya berada di pihak yang menentang rencana pemotongan gaji. Ya semacam jadi ketua serikat buruhnya lah. Mungkin namanya SPB alias Serikat Pekerja Barcelona.

Hal ini bahkan dilaporkan bisa memicu kepindahan sang megabintang pada Januari 2021 mendatang. Padahal, kontrak Messi habisnya masih Juni 2021.

Jika Messi dkk bergerak, mungkin Barcelona bisa didemo kayak DPR RI. Barca mesti kembali melakukan strategi ‘elus-elus’ Messi supaya tidak terjadi gejolak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here