Keputusan yang cukup mengejutkan diambil Jurgen Klinsmann hanya sekitar 76 hari setelah ditunjuk melatih Herta Berlin. Klinsmann mengucapkan “auf wiedersehen!” alias selamat tinggal usai mundur dari kursi jabatannya sebagai pelatih.

Klinsmann sendiri baru diangkat sebagai pelatih Herta Berlin pada November 2019 yang lalu. Mantan pelatih timnas Jerman dan Amerika Serikat itu ditunjuk untuk menggantikan Ante Covic yang diherhentikan setelah klub dapat serangkaian hasil buruk.

Saat ditunjuk sebagai pelatih, kondisi Herta Berlin memang cukup amburadul. Mereka hanya menang satu laga dari lima pertandingan terakhir di semua kompetisi, tersingkir dari DFB Pokal, serta hanya berada satu tingkat di atas zona degradasi.

Tidak pakai magang-magang dulu padahal. Klinsmann langsung kerja. Maklum juga tapi, pengalaman Klinsmann di dunia kepelatihan memang sudah banyak.

Tapi hanya 76 hari usai menjadi pelatih, Klinsmann malah resign. Tidak pakai one month notice pula. Bisa-bisanya dia main resign begitu padahal cari kerja saja susah zaman sekarang ini.

Tipe-tipe Klinsmann ini seperti teman yang mengajak main FIFA, lalu setelah 20 menit kalah 0-2, langsung udahan. Tidak ada basa-basinya barang sedikit. Paling tidak berjuang untuk menyelesaikan pertandingan baru habis itu udahan. Memang paling-paling dicengin doang.

https://twitter.com/samsarmy/status/1227230126162763776?s=20

Klinsmann sendiri mengatakan bahwa dirinya merasa tidak mendapat dukungan untuk membenahi performa klub.

“Sebagai pelatih kepala, saya sungguh butuh dukungan dari semua orang yang terlibat dalam tugas ini untuk menuntaskannya. Khususnya dalam perjuangan lolos degradasi, kesatuan, dan fokus ke inti adalah elemen paling penting,” kata Klinsmann seperti dilansir Detik.

“Kalau itu tidak dijamin, saya tidak bisa memaksimalkan potensi saya sebagai pelatih dan tidak bisa memenuhi tanggung jawab juga.”

Hal yang mungkin cukup ngenye, Klinsmann ini sudah menghabiskan dana sekitar 80 juta euro di bursa transfer untuk belanja pemain. Klinsmann mengatakan bahwa dirinya akan kembali ke profesi sebelumnya sebagai dewan pengawas klub.

“Oleh karena itu, setelah banyak pertimbangan, saya sudah memutuskan untuk mundur dari posisi sebagai pelatih kepala Hertha Berlin dan kembali ke tugas jangka panjang awal saya sebagai anggota dewan pengawas.”

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here