Atalanta berhasil mendapatkan satu tiket ke pentas Eropa musim depan. Kepastian itu mereka dapatkan usai menahan imbang Milan 1-1, Sabtu kemarin. Meski imbang, poin mereka sudah tak bisa dikejar lagi oleh Milan yang terpaut enam poin.

Yang bikin mengundang decak kagum, “La Dea” lolos ke Liga Europa hanya berbekal darah pemain muda. Namanya darah muda, darahnya para remaja yang selalu merasa gagah tak pernah mau mengalah, sesuai lirik lagunya Rhoma Irama berjudul “Darah Muda”.

Skuat Atalanta secara rata-rata hanya berusia 25 tahunan saja. Apalagi skuat intinya, banyak pemain yang hitungannya baru lulus kuliah.

Sebut saja Andrea Conti (23 tahun), Mattia Caldara (23), Leonardo Spinazzola (24), Remo Freuler (25), Andrea Petagna (22), dan Alberto Grassi (22). Semuanya masih belia dan sedang lucu-lucunya. Itu belum termasuk Roberto Gagliardini yang di pertengahan musim malah pindah ke Inter, yang akhirnya malah tak lolos Eropa.

Hal inilah yang bikin banyak pihak tak menyangka Atalanta bisa berbicara sejauh ini. Presiden Joko Widodo saja juga tidak menyangka bahkan cenderung tidak mengikuti klub berkostum biru-hitam itu.

Ini pertama kalinya buat Atalanta bisa lolos ke pentas Eropa setelah 26 tahun lamanya. Kira-kira seumuran Derby Romero, pemeran Sadam di film Petualangan Sherina.

“Semua orang menganggap kami akan terdegradasi, nyatanya kami lolos ke Liga Europa. Kekalahan dari Inter Milan (1-7) adalah salah satu titik balik kami karena kami tak terkalahkan sejak itu,” ucap pelatih Gian Piero Gasperini.

Gasperini kemudian bertekad bulat macam punyanya Sora Aoi untuk bikin kejutan di Liga Malam Jumat musim depan. Kejutannya seperti apa tidak ada yang tahu, namanya juga kejutan. Kalau tahu berarti bukan kejutan namanya.

“Saya tahu para pemain berharap bisa libur setelah musim ini. Tapi mereka harus berlatih lebih banyak karena Atalanta harus bikin kejutan di Eropa,” tambahnya lagi.

Selamat, Atalanta! Semoga bisa mengharumkan nama Italia dan tidak malu-maluin.

Main photo credit: Twitter (@ItalianoCalcio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here