Lyon gagal keluar sebagai juara grup di Liga Europa setelah menelan kekalahan tipis saja dari Atalanta, 0-1. Itu artinya, “Les Gones” hanya menjadi runner-up karena kalau berada di posisi kedua memang sebutannya adalah runner-up. 

Bermain di kandangnya Atalanta yang mengontrak itu, tuan rumah tampil menggebu-gebu. Buktinya, baru berjalan 10 menit tim berjuluk “La Dea” itu sudah mampu mencetak gol.

Sebuah tendangan voli campuran takraw sok-sokan ingin diperagakan Hans Hateboer. Bola pun tidak pas ditendang oleh Hateboer, akhirnya memantul kayak bola bekel.

Untungnya, pantulan bola tersebut menjurus langsung ke gawang. Di sana sudah berdiri dua bek Lyon yang badannya segede-gede gaban. Lucunya, mereka luput menyundul itu bola. Bola malah jatuh di kepala Andrea Petagna yang mungkin kaget ketiban bola.

Meski golnya rada jelek, tetap saja gol karena bolanya masuk ke gawang dan disahkan wasit. Itulah satu-satunya gol di laga itu yang memastikan Atalanta menjadi juara Grup E.

Lyon awalnya bertekad menang supaya bisa keluar sebagai juara grup. Setidaknya biar dapat lawan yang lebih mudah di babak 32 besar. Sayang, gol katro dari Petagna menguburkan semuanya.

“Ini adalah pertandingan yang cukup aneh. Kedua tim punya peluang bagus, bahkan kami mengenai tiang. Tapi justru gol seperti itu yang tercipta. Kami sempat membaik di babak kedua tapi tidak terjadi apa-apa,” ujar pelatih Lyon, Bruno Genesio.

Sementara itu, hasil ini sangat luar biasa bagi Atalanta. Pasalnya, tim papan tengah Seri A itu tampil begitu istimewa sepanjang penyisihan grup.

Mereka tidak pernah kalah, bahkan sukses membantai Everton dua kali dengan skor 3-0 dan 5-1. Padahal di atas kertas, skuat Everton masih lebih ‘mevvah’ dari Atalanta.

“Kami punya feeling bahwa kami bisa bertarung dan mengalahkan Lyon. Ini adalah tanda seberapa jauh kekuatan kami dan keyakinan pada kualitas kami. Kami tumbuh cepat di kompetisi ini, tentu tidak mudah mengalahkan Lyon,” ujar pelatih Gian Piero Gasperini.

 

 

Main photo: @halkbet_eng 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here