Derby London dipastikan terjadi di final Piala FA nanti. Setelah Chelsea masuk final, kini giliran Arsenal ikut-ikutan masuk final setelah mengalahkan Manchester City dalam waktu 90 menit tambah 30 menit.

Arsenal tampil dengan formasi baru yang juga ikut-ikutan Chelsea, 3-4-3. Memainkan Gabriel, Laurent Koscielny, dan Rob Holding sebagai bek, serta Mesut Oezil, Olivier Giroud, dan Alexis Sanchez sebagai strikernya.

Ternyata hasilnya cukup memuaskan. Puas untuk Arsenal tentunya, bukan buat City. Meski sempat tertinggal duluan dari Sergio Aguero yang melakukan serangan balik, Arsenal mampu menanggapinya dengan santai dan penuh kelembutan.

Nacho Monreal yang entah datang dari mana muncul tiba-tiba menyambar umpan membelah lautan dari Alex Oxlade-Chamberlain. Skor 1-1 terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Akhirnya, Sanchez memastikan diri membawa Arsenal ke final saat bergelut pada situasi tendangan pojok. Bola masuk ke gawang dan bikin suporter “The Gunners” girang.

Formasi anyar itu nyatanya sukses di laga ini. Arsenal jadi tim ke-17 di Liga Inggris yang memainkan formasi tiga bek. Terakhir kali Arsene Wenger memainkan formasi tersebut saat presiden Indonesia masih Gus Dur, yakni sekitar akhir 1990-an dan awal 2000-an.

“Pola tersebut memberi kami pilihan dalam menerapkan strategi. Ini adalah laga yang hebat. Kami sempat mengawali ini dengan ragu, tapi kami tampil solid di lini belakang dan bikin kami jadi lebih kuat,” kata Wenger, dikutip Liputan 6.

Sementara itu, kemenangan ini bukan sekadar membuktikan bahwa formasi tiga bek yang biasa dimainkan tim-tim Italia bisa diterapkan di Inggris. Tapi juga membuka peluang buat Wenger untuk mengangkat piala lagi buat Arsenal.

Maklum, pelatih yang dari dulu bisa berbahasa Prancis itu memang sempat digoyang isu pemecatan. Apalagi, banyak suporter yang sudah merasa bosan dengan kepemimpinan si pak tua itu.

“Penting bagi kami mencapai final untuknya (Arsene Wenger), bagi diri kami sendiri, dan suporter. Wenger layak mendapatkan hal tersebut,” ujar Aaron Ramsey.

Main photo credit: Sportlobster

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here