Oleh: Richard Tampubolon

Setelah sukses memangkas klub gurem Crotone di kandang sendiri dua pekan lalu, Juventus boleh bersorak dan berteriak sekuat tenaga sampai suaranya habis seperti baru pulang konser rock and roll beybeh. Ya, “La Vecchia Signora” kembali meraih Scudetto untuk sekian kalinya, entah yang keberapa saking banyaknya.

Mereka sukses mencukur Crotone 3-0 tanpa balas. Kalau ada balasannya berarti skornya 3-1 atau 3-2. Gol dilesakkan Mario Mandzukic, Paulo Dybala, dan Alex Sandro. Sungguh mantap soul si tim kuda zebra ini. “Scudettoo!”, Begitulah kira-kira yang diteriakkan Gianluigi Buffon dan teman-teman sekantornya.

Massimilliano Allegri yang terkenal dengan kedisiplinan dan tangan dinginnya berhasil membawa klub yang dulu membesarkan nama Alessandro Del Piero, Zinedine Zidane, dan Antonio Conte. Dua nama terakhir sudah jadi pelatih hebat dan kekinian.

Namun, masih ada satu lagi gelar prestisius menunggu di depan mata. Ya, tak lain dan tak bukan adalah final Liga Champions. Oleh karena itu, “The Golden Squad” yang digawangi Dani Alves, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro, Miralem Pjanic, dan masih banyak lagi itu, harus bisa beristirahat dengan tenang.

Maksudnya bukan rest in peace, tetapi tenang dalam arti sebenarnya. Tak boleh resah seperti Raisa yang mau menikah. Mereka harus beristirahat cukup, menjaga stamina, dan meningkatkan mental juara mereka yang diuji akhir pekan ini.

Lawannya memang tidak main-main. Sudah pasti, turnamen Liga Champions ini turnamen serius. Tak ada tim yang main-main atau sekadar guyon saja di turnamen sebesar itu.

Real Madrid adalah lawan yang bertabur bintang dari daratan Madrid. Apalagi, Madrid sekarang diarsiteki mantan bintang yang pernah Juve besarkan, yang mereka jual ke Madrid dengan harga mahal memecahkan rekor transfer kala itu.

Madrid juga lagi lucu-lucunya sekarang, alias baru saja meraih gelar La Liga. Betul-betul klopp tanpa Juergen. Yang satu juara Italia yang satu juara Spanyol. Makanya final kali ini sangat layak sekali.

“El Real” sukses memastikan gelar La Liga di laga terakhirnya setelah sukses mencukur bulu ketiak Malaga dengan skor 2-0. Siapa yang mencetak gol? Siapa lagi kalau bukan sang megazord, Cristiano “CR7” Ronaldo dan striker asal Prancis, Karim Benzema.

Madrid jadi pemuncak klasemen La Liga dengan menorehkan 93 poin. Sedangkan Juve meraih 91 poin di Seri A, 93 dikurang 91 adalah dua. Artinya, mereka cuma terpaut dua poin saja dan bisa dianggap lawan yang seimbang.

Sekadar flashback, di semifinal Juve mengalahkan Monaco dua set langsung. Sedangkan Madrid sukses menyingkirkan adik kandungnya, Atletico. Mereka berdua berhak ke final karena mengalahkan lawannya di semifinal. Begitulah peraturannya.

Dua tim ini memang layak dikatakan dua tim jagoan. Hampir dipastikan, pemenang final Liga Champions nanti adalah yang berhasil mengalahkan lawannya. Selain itu, pertandingan juga bakal berjalan seru, panas, sekaligus sarat gengsi dan penuh dendam.

Keduanya pernah bertemu di final Liga Champions 1998, saat itu yang menang Madrid cukup dengan skor 1-0 saja. Wajar kalau Juve ingin balas dendam kayak tokoh antagonis di sinetron-sinetron SCTV.

Sedangkan Madrid, pastinya tengah galau apakah mampu mempertahankan gelar juara bertahannya itu. Pasalnya, sejak namanya diganti jadi Liga Champions, belum ada tim yang berhasil mempertahankan gelar juara berturut-turut.

Yang paling sadis, tentu saja Juve pada periode 1996-1998. Masuk final sampai tiga kali cuma dapat sekali doang. Gagal paham.

So, bagaimana kiprah kedua tim di final nanti? Bakal sukseskah Juventus membalaskan dendam sang juara bertahan yang notabene masih dienyam “El Real“. Kita tunggu tanggal 4 Juni nanti. Dua dream team bakal bergulat sengit di Millennium Stadium, Cardiff, Wales.

Jangan lupa siapkan makan sahur karena kalau sampai diakhiri babak adu penalti, bisa keburu subuh.

Main photo: Juara.net


RichardRichard Tampubolon

Jurnalis yang sadar bahwa bumi itu bundar. So, mari kita mainkan terus itu si kulit bundar. Cheers!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here