Tidak terasa Piala Dunia Qatar akan bergulir kurang lebih tinggal empat tahun lagi. Lumayan jika dihitung sejak 10 tahun lalu. Sedangkan kalau Piala Dunia 2018 Rusia akan dimulai kurang dari dua hari lagi.

Timnas-timnas bertabur bintang sepak bola, optimis bisa berbicara banyak pada gelaran kali ini. Tapi ingat, juara satu hanya untuk satu timnas saja. Tidak ada juara bersama macam lomba makan kerupuk.

Argentina menjadi salah satu unggulan di edisi Piala Dunia kali ini. Bagaimana tidak, pada gelaran Piala Dunia edisi sebelumya, mereka juga berhasil lolos hingga babak final. Sayang saja ada seorang bernama Mario Gotze yang hanya menendang bola dengan satu kaki, lantas langsung membuat sejarah.

Hal tersebut tak terlepas dari kehebatan bintang mereka Lionel Messi. Prestasi “El Messiah” di level klub jelas sudah jaminan. Berbagai gelar tertinggi dalam klub sudah pernah diraihnya. Mungkin ada saja yang belum ia capai seperti Liga Primer Kongo. Performa Messi juga tidak bisa dipungkiri sangat membantu timnas Argentina dalam beberapa tahun belakangan ini.

Akibatnya, Argentina sering dikatakan terlalu bergantung kepada sosok Messi di lapangan. Salah satu contoh yang mendukung adalah ketika Argentina dicukur habis oleh Spanyol dengan skor telak 1-6. Kalau yang tidak tahu mungkin dipikir sedang pertandingan bulu tangkis. Pada pertandingan itu Messi memang tidak bermain.

Alhasil kebanyakan orang menjadi ragu akan kualitas timnas Argentina jika tampil tanpa Messi.

Namun pandangan tersebut langsung dibantah oleh Willy Caballero. Kiper cadangan di klub maupun timnas kini mau sok-sokan angkat bicara. Padahal botak kepalanya. Caballero menegaskan bahwa timnas Argentina tetap kuat walau tanpa Messi.

“Hasil itu aneh, karena mereka punya enam kesempatan dan mencetak enam gol. Kami punya empat dan mencetak satu gol.  Messi tidak bermain, Angel Di Maria juga. Tetapi kami mempertahankan Argentina dan bermain cukup bagus,” ujar Caballero terkait laga melawan Spanyol dikutip dari Liputan6.

Caballero membuktikan bahwa pada pertandingan uji coba lainnya, mereka tetap kuat walau tanpa Messi. Salah satunya adalah laga melawan Italia. Pada waktu itu tim asuhan Jorge Sampaoli berhasil menang 2-0. Namun perlu diingat kembali, lawan mereka adalah Italia. Lolos Piala Dunia saja tidak. Sama seperti Indonesia yang juga tidak lolos.

“Jadi, tak masalah siapa yang absen. Kami harus bermain lebih baik seperti saat kami melawan Italia dan menang 2-0, empat hari sebelumnya,” ujar kiper Chelsea tersebut.

Argentina akan tergabung di grup D pada Piala Dunia 2018 nanti. Mereka akan bergabung dengan Islandia, Kroasia, dan Nigeria di grup yang sama.

Main photo:  standard.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here