Diving kerap terjadi di sebuah pertandingan besar. Bahkan pemain-pemain kelas dunia turut mempraktekannya agar timnya mendapatkan keuntungan.

Untung saja, perilaku diving ini tidak terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan saat mereka bersenggolan di Commuter Line, tiba-tiba langsung terjatuh sambil meminta belas kasihan wasit.

Lantas apa untungnya dari perilaku diving? Simak ulasannya.

1. Melatih Kelenturan dan Kekuatan Otot

Ketika melakukan diving, kita akan menggerakkan seluruh otot tubuh kita namun tidak akan menyebabkan kelelahan karena tubuh kita mendapatkan daya apung dari air. Saat berenang atau bergerak dalam air, otot-otot akan bekerja dengan keras.

Artinya, tidak akan ada gerakan yang menghentak sehingga dapat melatih kelenturan dan kekuatan otot dengan baik. Kecuali Anda ketakutan dan panik saat melihat ikan Finding Nemo berjalan ke arah Anda.

Jangan panik jika ada makhluk asing mendekat ke Anda
Jangan panik jika ada makhluk asing mendekat ke Anda

2. Melatih Kelincahan Tubuh

Dengan mengayuh kaki dan tangan secara konsisten akan melatih kelincahan gerakan tubuh. Perlu diketahui kita tidak akan bisa berenang dengan gerakan kaku ataupun goyang patah-patah ala Anisa Bahar. Seluruh gerakan berenang mengandalkan kelenturan dan kelincahan.

Diving melatih kelenturan otot (Wikipedia)
Diving melatih kelenturan otot (Wikipedia)

3. Melancarkan Sirkulasi Darah dan Pernafasan

Ketika menyelam, seluruh otot akan bekerja secara bersamaan dan konsisten. Pergerakan otot secara bersamaan akan membuat sistem kardiovaskular bekerja dengan penuh untuk menyuplai oksigen melalui darah dalam jumlah besar. Oleh karena itu, menyelam dapat dikatakan olahraga yang baik untuk sistem kardiovaskular kita.

Bagi Anda yang belum paham kardiovaskular, silakan buka laptop Anda kemudian ketik “kardiovaskular” di mesin pencari Google.

Diving juga tak hanya melatih jantung tapi juga membuat organ paru-paru menjadi sehat. Selama menyelam kita cenderung menghirup udara sebanyak mungkin sehingga akan melatih otot-otot pada paru-paru kita.

Diving juga bisa melatih kelincahan tubuh. (Quotesgram)
Diving juga bisa melatih kelincahan tubuh. (Quotesgram)

4. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Berada di kedalaman bermeter-meter bawah laut tentu akan membuat kita semakin dekat dengan kematian. Tentu kita akan semakin ingat dengan Sang Pencipta. Selain itu, keindahan alam bawah laut juga makin membuat kita mensyukuri karunia Tuhan. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan?

Nikmat mana lagi yang Kamu dustakan? (digg.tumblr.com)
Nikmat mana lagi yang Kamu dustakan? (digg.tumblr.com)

Sumber terkait: scubadivingsurabaya.com

 

SHARE
Previous articleTimnas Brasil Dirundung Kegelapan
Next articleGriezmann Sadar Hanya Jadi ‘Remahan Kerupuk’
Bolatory memberikan informasi terkini tentang sepakbola dilengkapi data dan analisis dengan gaya penulisan sesuka hati, loncat ke sana-ke sini, serta menghiraukan semua masalah di muka bumi ini. Tapi kami bukan kera sakti, kami adalah Bolatory.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here