Spanyol memastikan diri lolos ke EURO 2020 dengan status sebagai juara grup. Pada laga terakhir kualifikasi di Grup F, “La Furia Roja” menang dengan skor telak 5-0 atas Romania.

Kemenangan ini membuat Spanyol mantap di puncak klasemen dengan total 26 poin hasil dari delapan kemenangan dan dua hasil imbang.

Andai kalah dengan skor telak 23-0 pun sebenarnya Spanyol sudah pasti lolos dengan status juara grup. Tapi pada laga terakhir mereka tetap tak mau main-main. Tidak ada pemain Spanyol yang mainnya sangat santai sambil tidur-tiduran rebahan di pinggir lapangan dan minum es kelapa.

Laga terakhir tetap digas terus hingga akhirnya meraih kemangan telak. Akan tetap satu kabar yang cukup mengejutkan datang dari Robert Moreno yang sukses mengantar Spanyol ke gelaran tertinggi sepak bola antar negara Eropa tersebut.

Robert Moreno seperti diketahui merupakan pelatih ‘cabutan’ yang ditunjuk untuk menangani timnas Spanyol mulai dari kualifikasi hingga selesai EURO 2020. Hal ini dilakukan usai Luis Enrique mengundurkan diri dari posisinya sebagai pelatih utama.

Seperti dilansir Detik dari Marca, Moreno disebut sudah berpamitan kepada para pemain timnas Spanyol usai laga itu. Bahkan Moreno dikabarkan sudah diberi tahu oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), bahwa dirinya tidak akan lanjut menjadi pelatih Spanyol sebelum laga melawan Rumania.

RFEF dipercaya akan memberikan kursi kepelatihan kembali kepada Luis Enrique untuk EURO 2020 mendatang. Moreno sendiri tidak mengadakan konferensi pers usai laga kontra Rumania tersebut.

Pada jalannya laga itu sendiri Spanyol sudah unggul di menit kedelapan melalui gol Fabian Ruiz. Bola liar di depan kotak penalti langsung disambar Fabian Ruiz yang bukan saudaranya Rizky Febian.

Gerard Moreno yang juga tidak ada hubungannya dengan Gerald Pangkali atau Gerard Way menambah dua gol di babak pertama pada menit ke-33 dan ke-43.  

Babak pertama berakhir dengan skor 4-0 setelah Adiran Rus mencetak gol bunuh diri tepat di menit akhir sebelum turun minum.

Tekanan Spanyol agak mengendur di babak kedua macam karet kutang lama. Baru pada masa injury time mereka kembali menambah satu gol melalui Mikel Oyarzabal. Skor akhir 5-0 untuk kemenangan Spanyol.

Main photo: @dugout

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here