Hujan deras terjadi di Anfield kala Liverpool menjamu Red Bull Salzburg pada laga lanjutan Champions League. Tapi bukan hujan air, hujan uang, apalagi hujan bulan juni yang merupakan puisi dari Sapardi, melainkan hujan gol pada laga yang berakhir dengan skor 4-3 untuk tuan rumah.

Padahal dalam tempo 36 menit, Liverpool sudah unggul tiga gol atas tim tamu. Memang di atas kertas Liverpool nampaknya bakal menang mudah atas Salzburg.

Barcelona saja diobok-obok macam ikan di lagunya Joshua ‘Jojo’ yang bukannya temannya Sinta. Apalagi Salzburg yang sudah tertinggal tiga gol terlebih dahulu.

Gol-gol Liverpool dicetak oleh Sadio Mane, Andrew Robertson, serta Mohamed Salah. Bau-baunya bakal terjadi pembantaian yang tidak berperikebolaan di laga tersebut.

Tapi Salzburg nampaknya kerasukan hawa-hawa Istanbul 2005 setelah mereka tertinggal 0-3 dari Liverpool. Tetap semangat dan pantang menyerah sekali mereka macam para peserta Benteng Takeshi.

Sebelum babak pertama usai, Hwang Hee-chan yang dari namanya jelas bukan keturunan suku Minang, mencetak satu gol balasan.

https://twitter.com/Sporf/status/1179486307602571267

Gol ini terasa lebih istimewa setelah dilakukan dengan berhasil melepaskan gocekan kotak+X yang memperdaya Virgil Van Dijk. Babak pertama berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan “The Reds”.

Pada babak kedua Salzburg kembali memangkas jarak melalui gol Takumi Minamino di menit ke-56. Berawal dari pergerakan Hwang dari sisi kiri, umpan silangnya berhasil diselesaikan Minamino dengan sebuah tendangan first time.

Erling Braut Haaland pada pekan lalu cetak tiga gol pada laga debutnya, membuat Salzburg menyamakan kedudukan empat menit berselang. Skor jadi imbang 3-3 di menit ke-60.

Tumben-tumbenan sekali gawang Liverpool ini ‘digilir’ oleh para pemain lawan. Bermain di Anfield pula. Pertahanan Liverpool ini jadi tulang lunak yang tampak lemah sekali.

Menurut OptaJoe, Salzburg bahkan jadi salah satu dari empat tim yang berhasil mencetak tiga gol atau lebih di Anfield pada ajang Champions. Ketiga tim lainnya adalah Barcelona, Real Madrid, serta Chelsea.

Sayang aksi heroik Salzburg yang nyaris kombek setelah tiga gol, harus pupus setelah Salah mencetak gol keduanya di laga itu. Hingga laga usai, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 4-3 menjadi milik Liverpool.

Usai laga, Salah memberikan pujian untuk perlawanan Salzburg di laga itu. “Saya rasa mereka (Salzburg) tampil bagus dan setelah mereka mencetak tiga gol, semakin sulit dilawan,” ujar Salah dikutip dari Detik.

Sementara itu striker Salzburg yang sedang ngetren, Haaland, mengatakan laga tersebut berjalan dengan sangat sengit dan membuktikan bahwa timnya mampu bersaing.

“Laga yang benar-benar gila dan kami membuktikan bahwa kami mampu tampil bagus di ajang besar seperti ini. Kami nyaris saja meraih hasil imbang.”

https://twitter.com/Squawka/status/1179495510882816001?s=20

Main photo: tiyu.baidu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here