Dana besar yang dikeluarkan Liverpool pada beberapa bursa transfer belakangan mulai terasa manfaatnya. Setelah menjalani tiga pertandingan Premier League, “The Reds” menyapu ketiga laga tersebut dengan kemenangan. Hal yang tidak kalah hebat dari pada aksi Pak Eko adalah Liverpool selalu mencatatkan clean sheet sejauh ini.

Hal tersebut tidak serta merta didapatkan karena bermain tanpa gawang. Kalau seperti itu boleh dilakukan, sudah pasti banyak tim yang akan mencetak clean sheet juga.

Catatan Liverpool itu berkat pembelian pemain-pemain mahal macam Virgil van Dijk dan Alisson Becker. Namun nama yang disebutkan terakhir belakangan lebih mendapat sorotan sebab mulai menunjukan kualitasnya.

Awalnya pembelian dari Alisson mendapat banyak kritikan dari netizen yang memang makin ke sini makin mudah geger.  Kiper asal Brasil itu didatangkan dari AS Roma dengan mahar sebesar 72,5 juta euro.

Beberapa pihak melontarkan kritik yang mengatakan bahwa harga tersebut terlalu mahal untuk seorang kiper sekelas Alisson. Pasalnya, Alisson ini belum kelihatan hebat-hebat amat. Namanya baru mencuat saat semusim membela Roma tahun lalu.

Alisson yang namanya mirip merek kemeja kantoran itu sempat jadi kiper termahal memecahkan rekor Gianluigi Buffon. Sayangnya selang beberapa hari langsung disalip oleh Kepa Arizabalaga yang dibeli Chelsea.

Pembelian kiper Brasil itu dikatakan sebagai sebuah perjudian pada waktu. Kebutuhannya memang jelas sebenarnya, sebab mereka sempat dikecewakan Loris Karius yang dipercaya bermain di partai final Liga Champions.

Namun ternyata ada harga memang ada barang. Waktulah yang akhirnya membuktikan. Jangan harap harga handphone Nokia 3310, bisa dapat kualitas iPhone X.

Alisson sendiri sudah bermain bagus sejak di AS Roma. Bukan hanya jaga mengoper bola, Alisson juga merupakan seorang pengoper yang andal. Kiper berusia 25 tahun itu memiliki catatan presentase 78,9 persen dalam hal umpan sukses per laga di Serie A.

https://twitter.com/brfootball/status/1033487943048945664

Sedangkan catatan umpan panjang yang sukses Alisson musim lalu mencapai 66,3 persen berbanding 58,6 persen milik Ederson Moraes kiper Manchester City.

Kini catatan itu bukan sekedar catatan yang hanya digunakan saat sedang ujian sebagai bahan kebetan. Setelah tiga gameweek Premier League, Liverpool jadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan sejauh ini.

Naif memang jika mengatakan hal tersebut berkat kedatangan Alisson, namun tak bisa dipungkiri juga jika ia memiliki peran besar dalam keberhasilan Liverpool.

Salah satu laga yang menunjukan kualitas Alisson adalah ketika melawan Brighton and Hove Albion pada akhir pekan lalu. Selain membuat dua penyelamatan apik, ia juga sempat melakukan aksi berbahaya ketika mengelabui pemain lawan.

Kala itu Alisson melewati Anthony Knockaert dengan cara mencungkil bola. Menurt Klopp hal tersebut bukan sekadar gaya-gayaan macam Young Lex, apalagi buat pajangan. Namun hal tersebut menunjukan bahwa Alisson punya kepercayaan diri yang tinggi serta kualitas.

“Jelas, Alisson adalah kiper yang hebat. Dia punya kepercayaan diri yang tinggi untuk melakukan itu. Dia tak melakukan itu bukan untuk gaya-gayaan, tetapi untuk menciptakan situasi yang menenangkan bagi tim. Tapi, saya sendiri lebih senang dia membuat penyelamatan ketimbang melakukan chip,” ujar Klopp dikutip dari Kumparan.

https://twitter.com/i_SAochi/status/1033657828647620611

Main photo: thisisanfield.com

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here