Alhamdulillah, Akhirnya Ada Indonesia di Piala Asia

0
103

Alhamdulillah, Indonesia lolos ke Piala Asia!!! Inilah status, IG story, atau tweet dari sebagian besar fans negara +62 pada subuh tadi. Indonesia resmi mendapatkan tiket terakhir Piala Asia 2023 usai membantai Nepal 7-0.

Capaian ini jelas bikin warga Indonesia bersuka cita. Maklum saja, kita sudah lama banget tidak menyaksikan Piala Asia yang ada Indonesianya. Terakhir tahun 2007 itu juga karena status tuan rumah.

Setelah itu prestasi memble semua. Apalagi dengan berbagai masalah di persepak bolaan kita yang juga berdampak pada prestasi timnasnya sampai-sampai harus turun peringkat jauh banget.

Pada babak kualifikasi awal, Indonesia bahkan cuma mendapat satu poin saja saat menahan imbang Thailand 2-2. Sisanya dibantai UAE, Vietnam, Thailand, hingga Malaysia.

Bersyukur sistem kualifikasi ini punya banyak nyawa. Meski ada di posisi buncit tidak langsung gugur. Tapi ada kesempatan buat play off di mana saat itu bisa menang atas Chinese Taipei.

Kemudian, masuk babak kualifikasi berikutnya yang tergabung dengan Kuwait, Yordania, dan Nepal. Di sinilah timnas menunjukkan perkembangan pesat.

Kita bisa menang 2-1 atas Kuwait, kemenangan pertama setelah entah berapa tahun. Lawan Yordania yang peringkatnya jauh di atas kita, timnas mampu menahannya dan hanya kalah 0-1.

Bersyukur, Yordania mau main serius dengan membantai Kuwait. Alhasil, nasib ada di tangan sendiri. Meski seri saja sudah bisa lolos, tapi ternyata timnas enggak mau model begitu. Kalau bisa bantai kenapa enggak.

Nepal yang tanpa diperkuat 10 pemain andalannya, langsung dimanfaatkan timnas untuk diajak gelud. Baru dua menit Dimas Drajad yang tak ada hubungan saudara dengan Derry Drajat “Satu Kakak Tujuh Ponakan” itu mencetak gol lewat polesan kepalanya.

Timnas makin mendapat kenikmatan yang tak dapat didustakan setelah Nepal bermain 10 pemain. Mereka kemudian makin menggila setelah Witan Sulaeman mencetak gol keduanya.

Skor 2-0 saja sudah menempatkan tiga jari kaki kiri di Piala Asia, tinggal dua jari lagi beserta tumit. Ternyata di babak kedua, timnas makin beringas.

Lima gol disarangkan sampai-sampai bek Elkan Baggott ikut-ikutan mencetak gol. Kasihan betul kiper Nepal, Deep Karki, pasti perasaan kecewanya begitu “deep”.

Meski sudah tampil gemilang lewat beberapa penyelamatan fantastis, tetap saja rekan-rekannya ini tampil jauh dari kata “jago”. Dengan mudah pertahanan ditembus dan dibobol berulang kali tanpa ampunan.

Laga ini tidak ada drama-dramanya barang sedikit. Padahal lebih seru jika Nepal bisa unggul 1-0, kemudian timnas mencetak gol di menit ke-93 menyamakan kedudukan. Pasti lebih dramatis.

Timnas akhirnya mampu menjejakkan kedua kakinya secara utuh, setelah tumit kaki kiri menapakkan ke Piala Asia 2023. Selain paling terakhir dapat tiketnya, Indonesia juga merupakan kontestan dengan peringkat FIFA terendah di Piala Asia 2023.

Apapun itu, hasilnya patut disyukuri. Ini berkat kerja keras Pak Iwan Bule, Shin Tae-yong, para pemain timnas, hingga staf-staf lainnya. Luar biasa!

Siapa kita? Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here