Timnas Indonesia U-19 kembali meraih kemenangan kala menjalani pertandingan lanjutan Piala AFF. Pada pertandingan ketiga melawan Filipina, Indonesia berhasil menang telak dengan skor 4-1. Meski sepertinya menang besar, namun kemenangan tersebut baru tercipta di 10 menit terakhir.

Sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu, Indonesia akhirnya membalikan keadaan menjadi 4-1. Komentator biasanya langsung berkata “and the comeback is complete!” kalau kata Peter Drury yang jadi teman bacot Jim Beglin kalau di gim PES.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pelatih Indra Sjafri kembali melakukan rotasi pada skuatnya. Doyan ganti-ganti si coach Indra ini, jangan-jangan dulunya seorang playboy. Namun dengan kembali meraih kemenangan, sudah jelas bahwa “Garuda Muda” memiliki kedalaman skuat yang cukup baik.

Hasil positif melawan Filipina akan menjadi modal bagus bagi Indonesia yang selanjutnya akan menghadapi lawan n666eri yaitu Vietnam dan Thailand.

Kemenangan ini membuat Indonesia masih memimpin klasemen Grup A dengan nilai lagu Andra and The Backbone alias ‘Sempurna’. Dari tiga laga yang dijalani, Indonesia memenangkan semua laga dan berhak mendapatkan tiga poin. Poin-poin tersebut tentu saja tidak bisa digunakan untuk naik ojek online.

Sementara kekalahan dari Indonesia menempatkan Filipina ke posisi empat dengan nilai tiga dari tiga laga yang telah dijalani.

Kedua tim sama-sama memperagakan permainan terbuka sepanjang laga. Tidak ada yang menggunakan strategi parkir pesawat Airbus A330 dengan menempatkan 11 pemain di depan garis gawang sendiri.

Filipina yang ternyata juga tak ragu untuk bermain menyerang nampaknya tak diduga oleh pemain Indonesia dan membuat mereka sedikit gugup. Akibatnya Filipina berhasil mencuri gol terlebih dahulu di menit ke-32 melalui Chester Gio.

Melalui sebuah sepakan bola mati, Filipina menciptakan sebuah gol cantik ala tendangan bebas knuckleball. Kalau di PES sih cukup dengan menekan tombol L1+kotak sampai bar berwarna kuning. Meski begitu cara itu tentu tak mudah jika diperagakan di dunia nyata. Tendangan bebas dari jarak yang lumayan jauh tersebut tak bisa dijangkau kiper Indonesia yang membuat Filipina unggul 1-0.

Pada babak kedua Indonesia mengurung pertahanan Filipina. Upaya yang dilakukan Indonesia dengan memasukan Todd Rivaldo Ferre pun belum bisa untuk memecah kebuntuan.

Tekanan yang dilancarakan Indonesia baru berbuah hasil delapan menit jelang waktu normal usai. Saddil Ramdani yang berada di sisi kanan melakukan gerakan ala Arjen Robben yang meliuk ke sana kemari bertindak sesuka hati.

Setelah melewati beberapa pemain Saddil melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti ke pojok gawang. Skor menjadi 1-1.

Keadaan kemudian tiba-tiba berbalik ketika dalam lima menit kemudian Indonesia mencetak dua gol tambahan. Sundulan Firza Andika dan gol kedua Saddil yang kembali ala-ala Robben membuat Indonesia memimpin 3-1.

Tak berhenti sampai disitu, Indonesia kembali mencetak gol keempat di menit ke-90 melalui Rivaldo Ferre. Mendapat operan datar dari sisi kanan, Rivaldo mengangkat bola dengan kaki lalu dengan menendangnya ke arah gawang.

Andai dia mengangkat dengan tangan, tentu dihitung handball oleh wasit. Gol cantik itu menutup kemenangan Indonesia dengan skor 4-1.

Usai pertandingan, Indra Sjafri menyatakan kekagumannya pada mentalitas pemain dari Indonesia yang bangkit setelah tertinggal. Sebuah epic comeback macam ini menunjukkan mental juara sebuah tim.

“Saya salut mentalitas mereka. Walaupun tertinggal, buntu ke sana kemari, tapi dengan pergantian pemian kita bisa membongkar pertahanan mereka. Pertandingan yang banyak memberikan drama dan pembelajaran untuk para pemain dan terima kasih kepada pemain dengan pertandingan seketat ini,” ungkap mantan pelatih Bali United ini dikutip dari Detik.

Pelatih Filipina Hirata Reiji pun memuji strategi permainan Indonesia yang bisa membalikan keadaan setelah tertinggal. Namun ia juga merasa bahwa timnya kurang beruntung pada pertandingan tersebut.

“Kami kurang beruntung hari ini. Strategi yang diterapkan Indonesia sangat bagus. Mereka juga memiliki pemain-pemain cukup bagus disemua lini,” ungkap Hirata Reiji.

Main photo: metrotvnews.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here