Pep Guardiola memiliki seorang anak emas pada kubu Manchester City bernama Phil Foden. Saking yaqueen­-nya, pelatih dengan gaya rambut minimalis itu mengaku tidak akan menjual Foden meski ada yang menawar di angka 500 juta euro.

Pemain berusia 40 tahun dikurang 21 alias 19 tahun itu merupakan pemain asli binaan akademi City. Setelah menimba ilmu bersama tim junior, Foden akhirnya menembus skuat utama City pada musim 2017/2018 yang lalu.

Pada musim debutnya, Foden hanya tampil sebanyak 10 kali dengan dua di antaranya sebagai starter.

Tapi di musim berikutnya, jumlah penampilan Foden meningkat drastis macam harga telur dan bawang merah jelang hari Lebaran. Ia terus mendapat kepercayaan dari Pep Guardiola hingga membuat total 26 penampilan di semua kompetisi.

Selama musim 2018/2019 tersebut, Foden sukses mencatatkan tujuh gol dan dua assist dari semua penampilan. Performa impresif pemain timnas Inggris U-21 membuat City tak ragu untuk memperpanjang kontraknya.

Walau baru bermain di satu laga pada musim ini, namun Pep Guardiola nampaknya benar-benar menaruh harapan besar pada pemain muda ini.

Pada beberapa kesempatan, Pep bahkan terus menunjukan kekagumannya kepada pemain yang satu ini. Sempat Pep juga mengatakan bahwa Foden adalah pemain paling bertalenta yang pernah ia latih sepanjang kariernya.

https://twitter.com/btsportfootball/status/1182309834001190913?s=20

Padahal seperti kita ketahui, sejumlah pemain cyborg pernah dilatih Pep ketika menangani Barcelona atau Bayern Munchen. Tapi tetap ia mengatakan bahwa Foden adalah pemain yang paling berbakat.

Saking yaquenn­-nya dengan Foden, Pep bahkan mengaku tidak akan menjualnya walau ada yang menawar hingga 500 juta euro. Terdengar sedikit ngelantur memang melihat pernyataan tersebut. Ngasal dan benar-benar percaya memang beda-beda tipis.

Padahal belum terbukti juga apakah ia merupakan cyborg selanjutnya yang sudah dinanti-nanti umat sepak bola.

“Kami memberikan kontrak baru kepada Foden bukan karena kecelakaan. Dia adalah pemain yang tak boleh dijual pada situasi apa pun. Bahkan meski ada tawaran sebesar 500 juta euro,” tuturnya dikutip dari iNews.

Foden memang nampaknya disiapkan Pep untuk menggantikan David Silva yang memutuskan akan hengkang di akhir musim nanti.

“Phil tak akan pergi kemana pun. Phil adalah City. Kami tak akan merekrut orang lain untuk posisi tersebut. Ketika David Silva pergi, kami tahu siapa yang akan menjadi “penyihir”,” katanya.

“Dia tumbuh bersama kami. Dia adalah salah satu dari kami dan bakal sangat brilian. Salah satu yang terbaik di Premier League,” 

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here