Meski dirundung cedera sampai beberapa purnama musim ini, Manuel Neuer tetap jadi yang terbelakang di skuat Jerman. Terbelakang di sini artinya dia bakal menempati kiper utama yang posisinya paling belakang dibanding teman-teman setimnya yang berposisi sebagai bek, gelandang, dan striker.

Kepastian itu diungkapkan sendiri oleh manajer timnas, Oliver Bierhoff. Walau sudah lama tak merumput, Neuer tetap dibawa skuat “Der Panzer” ke Piala Dunia bahkan tetap bakal jadi kiper utama.

Padahal, Jerman sebenarnya punya kiper hebat lainnya, Marc-Andre ter Stegen yang tampil cukup ganteng menawan bersama Barcelona. Namun, tak peduli dengan permainan dan performa, namanya pemain legend yang sudah terbukti kualitasnya, mau sejatuh apapun dia, Jerman tetap mempercayai Neuer.

“Neuer akan pergi ke Piala Dunia sebagai No.1 kami. Jika ia masuk skuat maka Marc-Ander [ter Stegen] akan menjadi No.2,” ucap Bierhoff yang tak bisa berbahasa Jawa ngapak tersebut.

Bierhoff yang kalau di Winning Eleven gampang banget bikin gol sundulan lalu mengungkapkan momen sulit bagi timnas saat menentukan kiper. Melihat Neuer sampai akhir musim belum sembuh benar, lalu ada Ter Stegen yang sedang bersinar, bikin mereka galau.

Setelah melangsungkan rapat dan musyawarah, diputuskan Neuer tetap ikut masuk skuat dan menjadi pilihan utama. Keputusan juri tak bisa diganggu gugat, para pemain harus menerimanya dengan ikhlas.

https://twitter.com/ChampionsLeague/status/1001459149971083264

“Neuer berada di trek yang benar. Ia tidak perlu kembali ke sana. Semua pemain meninggalkan kesan besar di sini dan ini keputusan yang sangat sulit. Malam sebelum pengumuman tim, akan ada pemikiran terakhir antara staf pelatih. Siang keesokan harinya, pemain akan diberi tahu,” sambung pahlawan Jerman menjuarai Piala Eropa 1996 itu.

Neuer sendiri sudah berlatih bersama rekan-rekannya di timnas Jerman. Sekadar informasi, dia tak pernah berlatih bersama timnas Belgia karena bukan orang Belgia.

Kiper berpantat semok itu kabarnya sudah bisa main dengan normal. Bahkan sudah tampil 70 menit memperkuat Jerman U-20 di laga uji coba internal kontra tim Jerman senior.

Namun penampilannya tak berjalan mulus, maklum namanya juga main bareng bocah seumur jagung. Gawangnya harus koyak sebanyak dua kali oleh Thomas Mueller dan Julian Draxler.

https://twitter.com/DFB_Team_EN/status/1001890989047459841

Main photo: @ChampionsLeague

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here