Sepakbola merupakan sebuah cabang olahraga yang paling populer dan digemari di dunia. Sepakbola bahkan sudah berkembang tak lagi hanya menjadi sekadar permainan olahraga, tetapi berkembang secara ilmu dan industri. Secara keilmuan, terdapat banyak cara dan strategi yang dipelajari untuk mengembangkan sebuah tim yang kuat dan banyak memenangkan kejuaraan.

Tak jarang banyak pelatih yang mengambil kursus, sekolah, hingga sertifikasi kepelatihan untuk memulai kariernya di dunia pinggir lapangan. Tujuannya hanya satu, membawa timnya meraih kemenangan dan menjadi juara. Bagi  pelatih dan pemain mungkin masih banyak yang lupa beberapa langkah jitu memenangkan pertandingan.

Berikut adalah 5 langkah jitu memenangkan pertandingan sepakbola:

1. Berlatih yang Giat

Jika ingin memenangkan pertandingan, tentu harus latihan. Jika tidak latihan, jangan harap bisa memenangkan pertandingan. Bisa main 20 menit tanpa ngos-ngosan saja sudah bagus. Latihan yang giat merupakan kunci pertama sebuah tim memenangkan pertandingan. Bahkan yang masih giat latihan saja seperti Arsenal pun masih suka kalahan.

Source: reallycoolpicstart.com
Latihan adalah kunci dari segala kesuksesan. (Source: reallycoolpicstart.com)

2. Istirahat yang Cukup

Jika sudah berlatih tentu harus diimbangi dengan latihan yang cukup. Bayangkan jika tubuh kita ditempa latihan terus-terus tanpa istirahat, bukannya sehat malah sakit. Akibatnya malah tidak bisa mengikuti pertandingan dan dirawat di rumah sakit. Jika dalam sebuah tim tidak dijaga kesehatannya, maka tim tersebut akan kekurangan pemain dan pastilah tidak bisa bertanding. Akhirnya kalah WO.

source: psychologytoday.com
Setelah latihan, jangan lupa istirahat yang cukup. (Source: psychologytoday.com)

3. Pakai Strategi dan Taktik

Latihan sudah, istirahat sudah, selanjutnya apalagi? Inilah tugas pelatih. Yakni menggunakan strategi dan taktik. Ada banyak strategi dan taktik yang bisa dimanfaatkan seorang pelatih. Apakah harus menyerang atau bertahan, atau kadang menyerang kadang bertahan, maju-mundur-cantik.  Taktik juga ada banyak, bisa pakai formasi 3 bek, 4 bek, atau 8 bek sekaligus tanpa gelandang, suka-suka pelatihnya. Kemudian tugas pemain adalah mengimplementasikan rencana permainan sang pelatih di lapangan.

Source: americansocceranalysis.com
Banyak strategi yang bisa dipakai pelatih. (Source: americansocceranalysis.com)

4. Mencetak Gol Lebih Banyak

Setelah pertandingan dimulai, cetaklah gol sebanyak mungkin. Tim yang bisa memenangkan pertandingan adalah tim yang bisa mencetak gol lebih banyak dari lawannya. Jika sama-sama mencetak satu gol, berarti seri. Untuk sistem gugur akan dilakukan hingga adu penalti. Di babak itu juga ditentukan siapa yang bisa mencetak gol lebih banyak dari lawannya. Sekali lagi, gol adalah kuncinya. Kadang-kadang masih banyak tim yang lupa bahwa mereka harus mencetak gol ke gawang lawan. Bahkan ada beberapa yang mencetak gol ke gawang sendiri.

Source: aliexpress.com
Mencetak gol lebih banyak dari lawan adalah kunci kemenangan sebuah tim. (Source: aliexpress.com)

5. Menyelesaikan Pertandingan

Berlatih sudah, istirahat sudah, strategi dan taktiknya juga sudah hebat, akibatnya bisa mencetak gol lebih banyak dari lawan. Tapi jangan lupa untuk menyelesaikan pertandingan hingga peluit akhir berbunyi. Ingat, peluit akhir bukan peluit pergantian babak. Jika belum selesai sudah masuk ke ruang ganti tentu tim Anda akan dianggap kalah. Ada juga tim yang memilih mundur meski sudah unggul golnya, akhirnya mereka kalah WO.

Source: dailymail.co.uk
Selesaikan apa yang sudah dimulai. (Source: dailymail.co.uk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here