Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) atau PSSI-nya Jerman, telah membuat pengumuman cukup mengejutkan beberapa hari lalu. Mereka sepakat berpisah dengan Mercedes-Benz sebagai sponsor utama dan menggantinya dengan Volkswagen atau nama kerennya VW.

Hal tersebut memang terbilang mengejutkan karena Jerman sudah 45 tahun memakai jasa Mercedes. Sejak zaman orang tua kita masih ganteng dan cantik-cantik, belum keriput seperti sekarang. Atau mungkin ada yang masih anak-anak dan belum lahir.

Brand-nya mobil mewah itu sudah jadi sponsor resmi Jerman dan setia mengantar ke manapun “Der Panzer” sejak 1972. Kecuali perjalanan laut dan udara.

Mereka telah menemani kala susah maupun senang. Mulai dari juara Piala Dunia 1974, 1990, dan 2014. Serta saat-saat susah seperti pada Piala Eropa 2000 dan 2004.

Itu berarti, para pemain Jerman sudah tak bisa lagi merasakan nikmatnya naik Mercedes-Benz. Siapa tahu saja ada yang masih norak, jarang merasakan mobil mewah.

Entah gimana, mungkin karena bayarannya lebih tinggi dan lobi-lobiannya lebih kencang, Jerman mau menerima proposal dari VW. Produsen mobil yang juga dari Jerman berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony. Dikenal dengan VW Combi dan VW kodoknya yang sudah jarang terlihat di jalanan ibukota Jakarta.

Hasil gambar untuk DFB mercedes
Tak ada lagi logo Mercedes di pemain-pemain gantengnya Jerman seperti ini. (Source: Auto-Medienportal)

Dari sumber orang dalam, VW akan membayar antara 25-30 juta euro per tahun selama 5,5 tahun kontrak yang dimulai pada Januari 2019. Termasuk 6 juta euro sponsor untuk Piala Jerman (DFB Pokal).

“Kerja sama ini cocok dengan DFB, kami melihat VW sedang ingin terlibat dalam sepak bola khususnya di tim nasional,” kata Presiden DFB, Reinhard Grindel, dikutip Inside World Football. 

VW melihat kerja sama dengan DFB merupakan langkah pemasaran yang strategis untuk memulihkan kembali image VW setelah dilanda masalah uji emisi. Itu artinya, logo VW nanti bakal terpampang di sebelah logo Adidas di semua pernak-perniknya Manuel Neuer dan kawan-kawan.

“Sebagai perusahaan, kami telah menetap sejumlah tujuan ambisius selama beberapa tahun ke depan. VW tengah melakukan perubahan, kami menghadapi tantangan besar. Kemitraan dengan DFB akan membantu kami,” kata Herbert Diess, Direktur Brand VW.

Hasil gambar untuk dfb volkswagen
VW sudah jadi sponsor resmi DFB Pokal. (Source: DFB)

Main photo: Autobild

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here