Pada hari Selasa (14/1) lalu, Quique Setien resmi diangkat menjadi pelatih Barcelona. Namun sehari sebelumnya, Setien mengatakan bahwa dirinya tidak terpikir untuk menjadi pelatih Lionel Messi dkk dan masih bersantai sambil menonton sekawanan sapi berkeliaran.  

Mungkin jangka waktu itu bisa jadi 24 jam paling berkesan dalam hidup Setien. Pasalnya mantan pelatih Real Betis itu tidak menyangka sama sekali bahwa dirinya bakal diangkat menjadi pelatih baru Barcelona.

Melihat dari riwayat kepelatihannya, Setien memang tidak memiliki sejarah panjang terkait dengan raihan gelar juara. Kalau punya, Instagram Setien juga sepertinya hanya ada foto-foto saat pertandingan saja paling. Tidak ada yang pamer angkat trofi.

Setien bahkan mengatakan bahwa sehari sebelumnya ia masih bersantai sambil melihat-lihat sekawanan sapi di kota asalnya.

Memang ada kepuasan tersendiri kalau menghabiskan sore hari dengan bersantai-santai menikmati lingkungan sekitar.

Andai tinggal di Indonesia mungkin Setien ini kalau sore hari kerjanya nongkrong di atas jalan layang sambil makan gorengan dan menikmati kemacetan. Tapi karena di Spanyol, jadi dia melihat-lihat sapi saja yang berkeliaran.

https://twitter.com/FutbolBible/status/1216978251668578309?s=20

Dari melihat-lihat sapi, keesokan harinya Setien dipastikan untuk melatih Lionel Messi. Bagaikan mimpi yang jadi kenyataan bagi semua pelatih di dunia tentu mendapat kesempatan melatih klub hebat komplit dengan cyborg sepak bola di dalamnya. Setien mengaku bahwa dirinya memang mengidolakan Messi sejak lama.

“Tidak sekalipun dalam mimpi paling liar saya, saya bisa membayangkan ada di Barcelona.”

“Kemarin saya masih menikmati berjalan-jalan dan melewati sapi-sapi di kota saya. Kini saya melatih pemain terbaik di dunia,” kata Setien seperti dikutip dari CNN Indonesia.

“Saya sudah berbicara dengannya (Messi) dan juga sejumlah pemain lain. Saya berkata padanya bahwa kekaguman (saya terhadap dirinya) adalah sebuah hal sedangkan hal lain yang ada saat ini adalah realita (Setien sebagai pelatih).”

Setien mengaku tekanan sebagai pelatih Barcelona bakal berbeda dibandingkan tekanan-tekanan yang ia rasakan di klub sebelumnya. Apalagi tugas berat sudah menantinya dimana ia dituntut menghadirkan meraih gelar juara di sisa musim ini.

“Kami harus melakukan sesuatu yang bisa dikenang lama. Skala klub ini menuntut dan memaksa pelatih untuk melakukan itu karena klub ini punya deretan pemain terbaik di dunia,” ujar Setien.

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here